Situs Lingga Yoni Indihiang, Tasikmalaya

Lingga Yoni Tasikmalaya adalah peninggalan jaman purbakala, atau setidaknya pada zaman kerajaan galuh. Bentuknya berupa lesung dan alu dari batu. Tak banyak orang yang tahu tentang asal muasal dari keberadaan situs sejarah tersebut.

Hari ini, 10/01/2009 sekira jam 09.00 WIB, aku berangkat ke tempat situs tersebut. Jaraknya tidak begitu jauh dari rumahku. Hanya sekitar 2 KM ke arah barat. Atau lebih tepatnya 1 KM dari arah selatan terminal bis Kota Tasikmalaya, di area seluas 169 m2 di puncak gunung Gadung (gede) Kel. Sukamaju Kidul Indihiang Kota Tasikmalaya. Tapi apa yang kudapat?

Sungguh mengecewakan. Ternyata situs tersebut sudah gak utuh lagi. Tidak perawan akibat pemerkosaan masal yang dilakukan oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab.

Padahal, kata penduduk sekitarnya, dulu terdapat banyak sekali peninggalan di kawasan cagar budaya tersebut. Misalnya saja, selain Lingga Yoni, ada pula batu yang bentuknya menyerupai kasur yang lengkap dengan bantalnya. Juga berbagai perkakas dapur lainnya seperti sepasang ulekan dari batu DLL. Dan kondisi saat ini, aku hanya menemukan sekumpulan batu (yang pastinya tidak seluruhnya asli produk purbakala) yang mengitari Lingga Yoni ini.


Aroma mistik menyeruak tajam di lokasi ini. Bahkan kutemukan juga disana, sebuah gerabah tanah tempat membakar kemenyan sisa orang yang pernah bertapa. Dari banyak sumber yang dipercaya, tempat ini telah merenggut banyak nyawa. Yang jadi korbannya tidak lain adalah orang-orang yang pernah mencuri atau memindahkan berbagai macam benda purbakala dari tempat tersebut. Percaya atau tidak, saya memilih percaya saja. Toh untuk melestarikan jejak budaya kita dimasa lalu perlu banyak cara untuk menjaganya.

Semoga bermanfaat..

1 comment:

Share
Facebook

Popular Posts